Kreasi Arem-Arem Madiun yang Lezat dan Ekonomis

Kirana Ahmad

Cara buat arem-arem tidaklah sulit dan bisa menjadi pilihan sarapan atau camilan yang nikmat. Arem-arem adalah makanan tradisional yang terbuat dari nasi yang diisi dengan sayuran atau daging, kemudian dibungkus dengan daun pisang dan dikukus. Berikut adalah langkah-langkah membuat arem-arem yang lezat dengan perkiraan biaya yang terjangkau.

Bahan-bahan:

  • Nasi putih: 500 gram (Rp10.000)
  • Daging ayam cincang: 150 gram (Rp15.000)
  • Wortel, potong dadu: 1 buah (Rp2.000)
  • Buncis, potong kecil: 100 gram (Rp3.000)
  • Daun pisang untuk membungkus
  • Bumbu halus (bawang merah, bawang putih, ketumbar, garam, dan merica)

Perkiraan Biaya:
Biaya total untuk membuat sekitar 10 bungkus arem-arem adalah sekitar Rp30.000 – Rp50.000. Harga dapat berubah sewaktu-waktu tergantung pada harga pasar.

Langkah Pembuatan:

  1. Mempersiapkan Bahan:
    Siapkan nasi putih yang telah dingin agar mudah dibentuk. Potong wortel dan buncis sesuai ukuran yang diinginkan. Haluskan bumbu dengan ulekan atau blender.

  2. Membuat Isian:
    Panaskan sedikit minyak, tumis bumbu halus hingga harum. Masukkan daging ayam cincang, masak hingga berubah warna. Tambahkan wortel dan buncis, aduk hingga layu. Angkat dan sisihkan.

  3. Membungkus Arem-Arem:
    Ambil selembar daun pisang, letakkan sejumlah nasi di atasnya. Beri isian daging dan sayuran, lalu bungkus nasi hingga tertutup sempurna. Lipat daun pisang dan sematkan dengan lidi agar tidak terbuka.

  4. Mengukus Arem-Arem:
    Siapkan pengukus dan panaskan air hingga mendidih. Susun arem-arem dalam pengukus, pastikan ada ruang agar uap bisa mengalir. Kukus selama 30 menit hingga matang.

  5. Penyajian:
    Setelah matang, angkat dan sajikan arem-arem selagi hangat. Arem-arem bisa dinikmati dengan sambal atau sebagai camilan lezat di waktu santai.

Selamat mencoba resep arem-arem ini di rumah. Semoga berhasil dan keluarga Anda menyukainya!

Also Read

Bagikan:

Tags

Tinggalkan komentar