Resep Membuat Oncom dari Ampas Tahu, Makanan Tradisional yang Kaya Gizi

Kirana Ahmad

Oncom adalah salah satu makanan tradisional Indonesia yang terbuat dari hasil fermentasi kacang-kacangan, seperti halnya tempe dan tahu. Oncom memiliki kandungan gizi yang tidak kalah dari tempe dan tahu, seperti protein, serat, vitamin B, dan mineral. Oncom juga dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh, menurunkan kolesterol, dan mencegah kanker.

Salah satu bahan baku yang dapat digunakan untuk membuat oncom adalah ampas tahu, yaitu sisa pembuatan tahu yang biasanya dibuang. Ampas tahu dapat dimanfaatkan menjadi oncom dengan menambahkan ragi oncom, yaitu jenis jamur yang berperan dalam proses fermentasi. Ragi oncom dapat dibeli di pasar tradisional atau toko online.

Untuk membuat oncom dari ampas tahu, Anda membutuhkan biaya sekitar Rp 10.000,- hingga Rp 15.000,-, tergantung dari harga ampas tahu dan ragi oncom di daerah Anda. Harga ini dapat berubah sewaktu-waktu. Berikut adalah langkah-langkah membuat oncom dari ampas tahu:

  1. Bersihkan ampas tahu dengan cara merendamnya dalam air bersih selama beberapa jam, lalu peras hingga airnya berkurang.
  2. Campurkan ampas tahu dengan tepung kanji, sekitar 20 gram per 1 kg ampas tahu. Tepung kanji berfungsi sebagai pengikat dan sumber karbohidrat untuk jamur.
  3. Kukus campuran ampas tahu dan tepung kanji selama kurang lebih 15 menit, atau sampai matang.
  4. Cetak ampas tahu yang sudah dikukus dengan bentuk persegi atau sesuai selera, ketika masih hangat. Anda dapat menggunakan cetakan kue atau loyang yang sudah diolesi minyak.
  5. Taburkan ragi oncom di atas permukaan ampas tahu yang sudah dicetak, sekitar 5 gram per 1 kg ampas tahu. Pastikan ragi oncom menyebar secara merata.
  6. Tutup ampas tahu dengan daun pisang atau plastik, lalu simpan di tempat yang hangat dan gelap, seperti lemari atau laci. Biarkan selama 2 hari, atau sampai jamur tumbuh dan menutupi seluruh permukaan ampas tahu.
  7. Oncom siap dikonsumsi atau diolah menjadi berbagai masakan, seperti sambal oncom, oseng oncom, atau berkedel oncom.

Also Read

Bagikan:

Tags

Tinggalkan komentar