Martabak Telur Rumahan, Camilan Gurih yang Mudah Dibuat

Kirana Ahmad

Martabak telur adalah salah satu camilan favorit banyak orang. Martabak telur memiliki rasa gurih dan lezat dari isian daging sapi, telur, dan bumbu-bumbu. Biasanya, martabak telur dijual di kedai atau gerobak bersama dengan martabak manis. Namun, tahukah Anda bahwa Anda bisa membuat martabak telur sendiri di rumah dengan cara yang mudah dan praktis? Anda hanya perlu menyiapkan kulit lumpia, daging sapi cincang, telur, dan bahan-bahan lainnya. Berikut ini adalah resep dan cara membuat martabak telur rumahan yang bisa Anda coba.

Bahan-bahan yang dibutuhkan:

  • 12 lembar kulit lumpia
  • 300 gram daging sapi cincang
  • 4 butir telur ayam
  • 3 batang daun bawang, iris tipis
  • 3 siung bawang putih, cincang halus
  • 1/2 buah bawang bombai, cincang kasar
  • 1 sdt bubuk kari
  • Garam, merica, kaldu bubuk, dan gula secukupnya
  • Minyak goreng secukupnya

Cara membuat martabak telur rumahan:

  1. Panaskan sedikit minyak goreng di wajan, tumis bawang putih dan bawang bombai sampai harum. Masukkan daging sapi cincang, aduk rata. Bumbui dengan bubuk kari, garam, merica, kaldu bubuk, dan gula. Masak sampai daging matang dan bumbu meresap. Angkat dan sisihkan.
  2. Kocok lepas telur ayam dalam mangkuk, tambahkan daun bawang dan sedikit garam. Aduk rata.
  3. Ambil satu lembar kulit lumpia, letakkan di atas talenan. Beri dua sendok makan isian daging di tengah kulit lumpia. Lipat kulit lumpia menjadi bentuk segi empat, rapikan pinggirannya agar tidak terbuka saat digoreng.
  4. Panaskan minyak goreng yang banyak di wajan dengan api sedang. Goreng martabak telur sampai kuning kecoklatan dan renyah. Angkat dan tiriskan.
  5. Ulangi langkah 3 dan 4 sampai semua bahan habis.
  6. Potong-potong martabak telur sesuai selera. Sajikan dengan acar timun dan wortel, serta saus sambal atau kecap manis.

Kisaran biaya yang dibutuhkan:

Untuk membuat martabak telur rumahan, Anda membutuhkan biaya sekitar Rp 50.000,- hingga Rp 70.000,- tergantung dari harga bahan-bahan yang Anda beli. Biaya ini sudah termasuk untuk membuat 12 buah martabak telur yang bisa dinikmati oleh 4 sampai 6 orang. Harga dapat berubah sewaktu-waktu sesuai dengan kondisi pasar.

Demikianlah resep dan cara membuat martabak telur rumahan yang mudah dan praktis. Anda bisa membuatnya sebagai camilan di sore atau malam hari, atau sebagai menu sarapan yang mengenyangkan. Selamat mencoba dan semoga suka.

Also Read

Bagikan:

Tags

Tinggalkan komentar